Total Pageviews

Home » , » Keindahan dan Sejarah Sumur Jalatunda di Dataran Tinggi Dieng

Keindahan dan Sejarah Sumur Jalatunda di Dataran Tinggi Dieng

Posted by Berbagi Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Hiburan on Tuesday, January 6, 2015


           Sumur Jalatunda adalah sumur tua yang terkenal dengan beragai macam mitosnya.Pemandangan sepanjang perjalanan terdapat hamparan perkebunan milik warga dan juga kanal pengolahan panas bumi milik PT Geodipa.

           Secara administrarif Sumur Jalatunda terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.Sumur Jalatunda merupakan sebuah kepundan yang terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu.Kepundan tersebut terisi oleh air hujan dan kemudian membentuk sebuah sumur.Sumur Jalatunda memiliki diameter sekitar 90 meter dengan kedalaman 100 meter. Pemberian nama Jalatunda sendiri konon diambil dari kosa kata Bahasa Jawa yang berarti sumur yang luas atau besar.


                Untuk melihat Sumur Jalatunda, kita harus menaiki beberapa anak tangga dari arah parkiran kendaraan.Di sekitar anak tangga tumbuh subur bunga sedap malam dengan pemandangan hamparan perkebunan luas yang mengitarinya.Setelah menaiki beberapa anak tangga sampailah di sebuah pendopo, dan di samping pendopo tersebut kita dapat melihat Sumur Jalatunda.Sumur Jalatunda merupakan sebuah lubang vulkanik berukuran sangat besar berisi air yang berwarna kehijauan.


               Ada sebuah mitos unik yang sangat melegenda di Sumur Jalatunda ini. Barang siapa yang mampu melempar batu kerikil pada jarak tertentu maka keinginannya akan terkabul. Keberadaan mitos ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk berjualan batu kerikil untuk dilemparkan ke sumur oleh pengunjung. Selain menjual batu, penduduk ini juga akan senang hati menceritakan kisah dan juga mitos mengenai Sumur Jalatunda ini.

Thanks for reading & sharing Berbagi Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Hiburan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Translate